Keuntungan & Kekurangan Menjadi Pramugari yang Perlu Anda Ketahui

Keuntungan & Kekurangan Menjadi Pramugari yang Perlu Anda Ketahui

Pramugari adalah staff dari maskapai penerbangan yang memiliki tugas untuk menjaga penumpang tetap selamat dan nyaman selama perjalanan. Selain memastikan penumpang merasa nyaman pada saat perjalanan, pramugari juga bertugas untuk memastikan seluruh prosedur keselamatan telah dipahami dan dilakukan penumpang.

Pramugari adalah pekerjaan yang relatif nyaman dan menyenangkan karena bisa bepergian jauh dan berinteraksi dengan berbagai macam orang, meskipun juga ada hal yang kurang menyenangkan.

Selain hal tersebut, masih banyak keuntungan menjadi pramugari beserta kekurangannya. Ada baiknya untuk memahami hal ini terlebih dahulu, sehingga Anda lebih siap dan termotivasi dalam mengambil pendidikan pramugari.

Keuntungan dan Kekurangan Menjadi Pramugari

Dalam menjalani sebuah pekerjaan, tentunya ada keuntungan dan kekurangan yang dimiliki seorang pramugari. Wajar saja, karena tidak ada pekerjaan yang 100% hanya senang saja tanpa ada kekurangannya.

Namun apabila dicermati, pekerjaan sebagai seorang pramugari lebih banyak sisi untungnya dibanding kekurangannya. Berikut adalah rincian mengenai keuntungan dan kekurangan profesi pramugari.

1. Gaji yang Relatif Tinggi

Untuk ukuran pekerjaan, gaji seorang pramugari relatif tinggi. Contoh saja gaji pokok seorang pramugari junior saat baru masuk berkisar antara 3 hingga 5 juta rupiah. Nominal tersebut belum lagi ditambah dengan tunjangan yang diberikan.

Ada juga uang terbang yang berkisar 40 sampai 50 ribu rupiah per jam terbang. Jika seorang pramugari sudah level senior, gaji pokoknya bahkan bisa mencapai 6 juta rupiah. Oleh karena itu, gaji yang relatif tinggi adalah keuntungan menjadi pramugari yang pertama.

2. Persepsi Masyarakat

Hal ini adalah keuntungan menjadi pramugari beserta kekurangannya yang saling berkaitan dan tergantung orang yang menilai. Persepsi masyarakat ada dua, ada yang menilai positif dan negatif.

Ada yang menilai positif karena pramugari dinilai bekerja dengan sopan, tempat kerjanya bersih, dan lingkungannya baik. Namun ada juga sebagian kecil masyarakat yang menganggap pramugari rentan untuk “ada main” dengan rekan kerja karena jauh dari keluarga.

3. Pendidikan yang Singkat

Menjadi pramugari tentunya membutuhkan pendidikan terlebih dahulu, seperti di FAAST Penerbangan yang menyediakan program studi pendidikan pramugari. Hanya butuh waktu selama 7 bulan dan sudah termasuk on jobtraining untuk para siswanya. Pendidikan yang singkat ini membuat peserta didik akan lebih cepat bekerja.

4. Pengalaman

Seorang pramugari tentunya dituntut untuk bekerja sesuai yang ditugaskan oleh maskapai penerbangan. Rute penerbangan pun bermacam-macam dari domestik hingga internasional.

Baca Juga : Cara dan Syarat Menjadi Pramugari Internasional yang Harus di Ketahui

Hal ini memungkinkan para pramugari untuk memiliki pengalaman bepergian jauh ke banyak tempat. Hal tersebut adalah sesuatu yang tidak bisa didapatkan oleh jenis pekerjaan lainnya.

5. Tantangan dalam Pekerjaan

Terkadang pada saat penerbangan ada saja jenis penumpang yang tidak menyenangkan bagi pramugari bahkan cenderung mengganggu. Hal ini sudah menjadi resiko pekerjaan seorang pramugari.

Pramugari dituntut untuk tetap profesional dalam bekerja dan melayani penumpang, walaupun penumpang yang dihadapi sangat tidak menyenangkan.

6. Resiko di Penerbangan

Penerbangan adalah pekerjaan dengan salah satu yang terbesar di bidang transportasi, karena jika terjadi masalah atau kecelakaan akan butuh penyelamatan yang ekstra.

Wajar saja, mengingat terbang di ketinggian lebih dari 10.000 kaki, sebuah kesalahan kecil saja akan sangat berbahaya. Jika terjadi masalah, pramugari pun harus selalu siap siaga, tidak boleh panik dan mengarahkan prosedur keselamatan pada para penumpang.

Itulah keuntungan menjadi pramugari beserta kekurangannya. Pikirkanlah semua konsekuensinya dengan baik-baik sebelum mengambil pendidikan pramugari. Supaya selalu yakin dan bersemangat saat pendidikan ataupun setelah bekerja.

Informasi Sekolah Penerbangan

Bagi kalian yang berminat bekerja di dunia penerbangan, seperti menjadi pramugari, pramugara, ataupun staff penerbangan tidak ada salahnya mengikuti pendidikan di sekolah penerbangan. FAAST Penerbangan merupakan salah satu sekolah penerbangan terbaik yang ada di Indonesia.

FAAST Penerbangan memiliki fasilitas yang memadai, didukung dengan instruktur yang berpengalaman dibidangnya, serta biaya pendidikan yang terjangkau membuat sekolah ini menjadi sekolah penerbangan yang wajib kalian pilih. Untuk informasi selengkapnya kalian bisa mengunjungi website FAAST Penerbangan.

Demikian ulasan tentang Keuntungan & Kekurangan Menjadi Pramugari yang Perlu Anda Ketahui. Semoga dapat bermanfaat.

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Design a site like this with WordPress.com
Get started